Gangguan Penyakit Anemia

eq1nWWqAodKadar besi di dalam tubuh manusia normal umumnya berkisar 4 gram dan dua pertiganya berada di dalam hemoglobin. Selain itu, besi juga didapatkan dalam bentuk cadangan di dalam hati, limpa. Sumsum tulang , di dalam otot sebagai mioglobin juga sebagai enzim sitokrom dan katalase dalam jaringan. Oleh karena itu, kekurangan zat besi dapat menimbulkan gangguan penyakit anemia, lesu, kemah dan lekas lelah dan kelemahan pada otot, kekurangan besi pada anak akan mengakibatkan berkurangnya aktifitas serta daya tangkap.  Kebutuhan besi orang dewasa sekitar 20 mg/hari dan hanya 10% yang diserap oleh tubuh. Penyerapan besi ini meningkat bila pembentukan eritrosit di sumsum tulang meningkat dan akan menjadi lebih mudah diserap bila terdapat vitamin C. Namun dapat dihambat oleh asam fitat yang terdapat dalam sereal serta senyawa fosfat dan oksalat yang banyak di dapat dalam sayuran.

Besi yang diserap oleh usus akan memasuki aliran darah dan diangkut oleh apotransferin dan apoferitin. Besi yang terikat pada apotransferin disebut serum iron sedangkan besi yang terikat pada apoferitin disebut feritin. Besi dikeluarkan oleh tubuh sebagian besar melalui saluran cerna dan pada saat pelepasan epitel kulit.  Pada wanita, gangguan penyakit anemia dialami disaat besi juga dikeluarkan pada saat haid, hal inilah yang menyebabkan kebutuhan besi pada wanita jauh lebih banyak daripada pria.

Penderita gangguan status besi atau gangguan anemia umumnya  terlihat pucat. Penurunan kadar besi dalam tubuh dapat menyebabkan turunnya kadar mioglobin dalam otot, sehingga  pasien dengan gangguan status besi mudah lelah dan letih serta dapat mengalami kejang otot. Penderita juga dapat mengalami sesak  nafas karena turunnya jumlah besi dalam tubuh akan mengurangi kemampuan hemoglobin untuk mengikat oksigen dalam darah. Keluhan pada gangguan penyakit anemia lain yang biasanya terjadi berupa kesemutan, nyeri pada lidah (glositis), luka pada sudut mulut dan kuku berbentuk seperti sendok (koilinochia).

Disebuah laboratorium klinik, status besi tubuh dapat diukur dengan memeriksakan kadar serum iron, total iron binding capacity, saturasi transferin dan pemeriksaan kadar feritin. Pada gangguan penyakit anemia pada keadaan nrmal, kadar serum iron (SI) pada pria 31-44 ug dan 25-156 ug/dL pada wanita. Pengukuan kadar besi serum digunakan untuk mengetahui gangguan penggunaan besi dan penimbunan besi, khususnya ada pasien yang sering menggunakan obat yang mengandung besi, transfuse ulang atau yang mengalami penyakit infeksi. Besi di dalam darah diangkut oleh protein yang disebut transferin. Banyaknya besi yang diangkut oleh transferin ini disebut SI, sedangkan banyaknya  besi yang masih dapat diangkut oleh transferin (seandainya transeferin dijenuhkan besi) disebut sebagai total iron binding.

Kadar besi serum sangat berfluktuasi dari waktu ke waktu antara pagi dan sore. Hal ini dapat berbeda sekitar 20% dalam hari yang sama bahkan hingga yang dapat menurunkan kadar besi serum antara lain infeksi, penyakit dengan radang menahun  juga  keganasan, sedangkan kadar SI dapat  meningkat pada hepatitis dan penyakit dengan penimbunan besi.

Seperti disebutkan diatas, transferin merupakan protein pengangkut besi yang dalam keadaan normal memiliki kadar 250-450 ug/dL dan akan jenuh dengan besi antara 20-45%, hal ini disebut sebagai saturasi transferin. Oleh karena pengukuran saturasi transferin diperlukan untuk mengetahui status besi dalam tubuh.  Saturasi transferin menurun pada kehamilan dan penyakit menahun, sertameningkat pada penyakit menahun penimbunan besi. Pemeriksaan SI dan TIBC dapat dilakukan di laboratorium dengan menggunakan prinsip ferrozine.

Cara Pemesanan Obat Penyakit Anemia

Obat Penyakit Anemia Herbal, Alami, Tradisional Untuk Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh

Harga Obat Penyakit Anemia K-Link Liquid Chlorophyll 1 Botol isi 500 ml = Rp.175.000,-

Cara Pemesanan : SMS ke 0818-0773-0772, tuliskan : Pesan Obat Penyakit Anemia, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap 


=====================================

>>> K-Link Liquid Chlorophyll Untuk Anemia, Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Anemia and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.