Penyakit Anemia Pada Anak

anak-anemiaMenurut dokter spesialis anak bagian nutrisi dan penyakit metabolik anak dari RS. Harapan Kita, Dr. Tinuk Agung Meilany Sp.A(K) ada banyak faktor risiko yang menyebabkan terjadinya anemia pada anak, yaitu karena adanya masalah yang timbul mulai pada masa kehamilan, bayi lahir prematur, pemberian ASI dan bukan ASI yang tiak tepat, adanya perubahan pola makan dan kebutuhan jenis makanan, faktor ekonomi dan bisa juga karena menderita sakit tertentu.

Masalah yang timbul pada masa kehamilan biasanya terjadi karena nutrisi ibu yang kurang baik dan mengalami anemia. Bayi yang lahir prematur pun berisiko untuk terjadinya anemia lebih tinggi. Hal ini dikarenakan kondisi tubuhnya yang lebih kecil dan bayi tersebut membutuhkan banyak asupan nutrisi. Begitu pula bayi yang lahir kembar, memiliki risiko anemia yang lebih tinggi karena cadangan zat besi yang ada pada ibunya harus dibagi dengan kembarannya.

Risiko anemia yang terkait dengan asupan makanan adalah mengonsumsi susu sapi sebelum usia satu tahun, mengonsumsi susu sapi lebih dari 750 ml/hari, mengonsumsi formula yang kandungan zat besinya rendah dan tidak mendapat suplementasi zat besi yang cukup setelah 6 bulan.

Pemberian ASI dan bukan ASI seperti susu formula dan produk lainnya jika tidak diberikan dengan tepat dan jumlah yang cukup juga bisa membuat bayi mengalami anemia. Untuk itu pada bayi yang mendapat ASI eksklusif dan berusia 4 bulan keatas maka bayi sudah mulai mendapatkan zat gizi tambahan serupa suplemen zat besi. Pada bayi yang sudah berusia 6 bulan ke atas mulai memerlukan tambahan makanan bayi yaitu makanan pendamping ASI untuk menghindari kecukupan gizinya dan mencegah terjadinya anemia. Namun sayangnya, jika perekonomian orangtua tidak mencukupi maka akan menimbulkan masalah dalam pemberian asupan makanan terutama yang mengandung zat besi. Selain itu pada bayi dan balita yang memiliki sakit tertentu terutama sakit kronis juga bisa menyebabkan terjadinya anemia, misalnya sakit infeksi Tuberkulosis, peradangan pada saluran kemih, cacingan dan infeksi kronis lainnya.

Tanda dan gejala awal anak yang baru mengalami anemia biasanya tidak terlihat dan tidak disadari. Namun jika sudah mengalami anemia maka wajah akan terlihat pucat dan tubuhnya mengalami anemia yang berat.

Secara klinis, anak yang mengalami anemia akan mengalami lemas, letih, lesu, tidak nafsu makan dan malas minum. Sedangkan berdasarkan kadar hemoglobin, anak yang mengalami anemia maka kadar hemoglobinnya sudah di bawah 10g/dl.

Cara Pemesanan Obat Penyakit Anemia

Obat Penyakit Anemia Herbal, Alami, Tradisional Untuk Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh

Harga Obat Penyakit Anemia K-Link Liquid Chlorophyll 1 Botol isi 500 ml = Rp.175.000,-

Cara Pemesanan : SMS ke 0818-0773-0772, tuliskan : Pesan Obat Penyakit Anemia, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap 


=====================================

>>> K-Link Liquid Chlorophyll Untuk Anemia, Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Jenis-Jenis Anemia, Penyakit Anemia and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.